Header Ads

Hati-Hati Whatsapp Scam Mengincar Data Kalian

hati-hati-whatsapp-scam-mengincar-data-kalian-kentungweb


Whatsapp Scam adalah bentuk penipuan yang sedang menjamur pada aplikasi whatsapp. Bentuk penipuannya bisa bermacam-macam, ada yang menawarkan voucher dengan menyisipkan link tertentu.

Salah satu contoh bentuk penipuan pada aplikasi whatsapp adalah menawarkan link dengan janji bonus hadiah £ 250 untuk Sainsbury atau M & S. M & S seperti yang diberitakan pcadvisor.
hati-hati-whatsapp-scam-mengincar-data-kalian-kentungweb
Contoh Whatsapp Scam


Dengan mengklik link tersebut kamu akan dibawa ke halaman survei yang dimana anda diminta untuk menjawab survei tersebut. Isi survei tersebut tidak ada hubungannya dengan supermarket dan semua itu hanya jebakan untuk mencuri data kamu.

Baca Juga: Indonesia Perlu Pasukan Keamanan Cyber

Saat ini Whatsapp Scam yang terbaru dan sedang menjadi perhatian bagi para pengguna whatsapp adalah mengelabui pengguna dengan mengirimkan file Word, Excel atau PDF sebagai kamuflase bagi para pencuri data pengguna whatsapp.

Sampai saat ini laporan terbanyak adalah dari negara India, mereka para pencuri data menggunakan nama-nama seperti NDA (Defence Academy Nasional) dan NIA (Badan Investigasi Nasional) dalam upaya mendapatkan data-data pribadi pengguna whatsapp. Bulan lalu pesan serupa sedang melanda di negara Inggris yang dimana para pencuri data tersebut mencoba membujuk pengguna untuk men-download £ 100 voucher Sainsbury.

Cara termudah untuk menghindari penipuan ini adalah untuk menghapus pesan yang tidak benar-benar dikenal, dan jangan men-download lampiran dokumen yang menurut kalian terlihat mencurigakan. Dan jangan lupa ubah settingan whatsapp kalian untuk tidak men-download secara otomatis.

ref : pcadvisor


Baca juga artikel kami yang lainya Klik disini

Visit kentungweb.blogspot.co.id dan follow Instagram @kentungweb dan Twitter-nya di @yusovian untuk update info Teknologi, Gadget dan Lifestyle terkini.

 

No comments

Powered by Blogger.